Thursday, November 28, 2013

PERKEMBANGAN PARIWISATA DI INDONESIA


I.       PENDAHULUAN
Semakin berkembangnya suatu negara maka semakin berkembangnya juga pariwisata di negara tersebut. Pasar pariwisata Indonesia semakin berkembang karena adanya faktor masyarakat yang mulai mendukung pariwisata di daerah setempatnya. Masyarakat juga mulai memperkenalkan pariwisata Indonesia kepada dunia luar agar para warga negara lain ataupun warga negara Indonesia dapat mengunjungi tempat pariwisata yang ada di Indonesia. Pariwisata di Indonesia sangatlah banyak, ada yang sudah terkenal sampai ke dunia luar seperti Raja Ampat, Pulau Bali, Gunung Semeru, dll. Tetapi banyak juga tempat-tempat pariwisata yang sangat indah di Indonesia yang belum diketahui oleh orang banyak. Maka tugas para masyarakat Indonesia lah yang harus memperkenalkan pariwisata di Indonesia ke negara-negara lain agar kekayaan alam Indonesia diketahui oleh orang banyak.

II.      ISI

A.   Evolusi Pemasaran Pariwisata
Evolusi pemasaran pariwisata adalah adalah perubahan yang sifatnya perlahan namun pasti dan memerlukan waktu yang lama. Dalam bidang pariwisata saja Indonesia sudah menerima pertambahan penghasilan devisa dan menghasilkan keuntungan yang tinggi. Evolusi pemasaran pada pariwisata terdiri dari empat tahapan, yaitu :
1.    Pemasaran Pariwisata Berorientasi Produk
Menurut sejarah, pemasaran pada pariwisata sejak awal memang berorientasi pada produk. Fokus dari usaha pemasarannya terletak pada produk pariwisata yang dijual, yakni dengan menyediakan pantai terbaik, kamar terbaik, fasilitas terbaik, dan lainnya.
Mereka beranggapan bahwa jika menyediakan produk pariwisata terbaik, maka wisatawan akan secara otomatis membeli barang atau jasa dari perusahaan pariwisata tersebut. Pemasaran pada pariwisata seperti ini akan berhasil jika tidak ada masalah dalam penjualan, sehingga mereka dapat berfokus pada hasil produksi.
2.    Pemasaran Pariwisata Beorientasi Penjualan
Dalam hal ini, lebih ditekankan pada penjualan untuk meyakinkan wisatawan agar membeli barang atau jasa ataupun mengunjungi tempat-tempat pariwisata. Pemasaran yang berfokus pada penjualan ini akan berhasil jika persediaan melebihi permintaan yang ada.
Hal ini menurut sejarah, dipacu oleh kemajuan teknologi yang mengakibatkan peningkatan daya produksi dan penghasilan nyata menjadi lebih tinggi. Pertama, yang akan dibeli oleh para wisatawan adalah barang wisata yang cepat habis. Kedua, barang wisata yang tahan lama. Dan terakhir adalah jawa yang ditawarkan oleh tempat pariwisata tersebut.
3.    Pemasaran Pariwisata Berorientasi Konsumen
Fokus orientasi pemasaran dari pariwisata ini terletak pada konsumen. Tepatnya, pada apa yang diinginkan oleh para wisatawan. Apakah kebutuhan itu dapat dipenuhi atau tidak oleh perusahaan pariwasata.
Inti pemasaran dari pariwisata ini adalah sebenarnya memastikan wisatawan adalah pusat dari segala usaha pemasaran dan mempergunakan teknik untuk mengidentifikasi, serta mengantisipasi kebutuhan yang diinginkan oleh wisatawan. Yang ditekankan disini adalah pelayanan yang diberikan pada para wisatawan.
4.    Pemasaran Pariwisata Berorientasi Lingkungan
Pada tahap ini, para wisatawan lebih berorientasi pada pariwisata yang memperhatikan aspek lingkungan, sosial, maupun budaya yang terdapat di dalam objek wisata tersebut. Hal ini membuat wisatawan akan lebih memilih objek wisata ramah lingkungan dan tidak mengganggu aspek sosial di kehidupan masyarakat sekitar dan kebudayaan yang ada.
Disini, para penyedia wisata juga sudah menyadari hal ini sepenuhnya. Oleh karena itu, mereka berusaha memasarkan pariwisata yang sesuai dengan keinginan wisatawan untuk menarik kunjungan wisatawan ke objek wisata yang mereka tawarkan.
B.   Promosi Pemasaran Pariwisata
Berikut ini adalah cara-cara yang bisa kita lakukan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia kepada masyarakat dunia, yaitu :
1.    Bangga dengan pariwisata Indonesia.
Tidak mungkin kita mempromosikan pariwisata Indonesia kepada masyarakat luar apabila kita sendiri tidak bangga dengannya. Bangga berarti mengenal dan mengenal berarti siap menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan ditujukan kepada kita, bila suatu ketika kita diminta untuk menyebutkan kelebihan-kelebihan pariwisata yang ada di Indonesia oleh orang-orang yang berasal dari negara lain.
2.    Mengikuti Festival Budaya yang Berskala Internasional.
Tujuan mengikuti festival budaya Internasional adalah agar kita dapat memperkenalkan pariwisata Indonesia yang sangat banyak lebih luas lagi kepada masyarakat dunia. Supaya para masyarakat dunia tertuju pada pariwisata Indonesia dan dapat menambah devisa Indonesia.
3.    Menggunakan Media Online Sebagai Sarana Promosi.
Teknologi yang ada pada saat sekarang ini memudahkan kita dalam berkomunikasi dengan orang lain baik di dalam negeri maupun luar negeri. Bayangkan, misalnya setiap dari kita memiliki teman yang berada di luar negeri satu orang saja. Setiap hari kita berkomunikasi secara intens dengan dia melalui media sosial. Kita juga bisa menyisipkan kata-kata promosi tentang Indonesia kepadanya. Promosi dengan cara ini juga tidak mengeluarkan biaya yang mahal.
4.    Duta Wisata.
Untuk lebih memperkenalkan pariwisata Indonesia memang diperlukan seorang Duta Wisata yang bertugas untuk memperkenalkan secara detail kepada masyarakat luas akan keindahan pariwisata di Indonesia dan dapat menarik wisatawan untuk mengunjungi objek wisata yang ada di Indonesia.

III.    PENUTUP
Pariwisata di Indonesia sangat banyak dan belum semua yang kita ketahui tampat-tempat wisata yang masih menyembunyikan keindahan alamnya. Sekarang adalah tugas kita sebagai masyaraka Indonesia untuk mencari tahu tentang pariwisata Indonesia dan mengenal lebih dalam agar kita bisa memperkenalkan pariwisata Indonesia kepada masyarakat luar. Dan di era globalisasi seperti sekarang ini, para pengusaha pariwisata juga harus semakin bersaing ketat untuk mendapatkan konsumen atau wisatawan dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik agar para wisatawan tidak cepat bosan dan merasa nyaman untuk kembali lagi ke objek wisata yang ditawarkan.

Sumber referensi :



No comments:

Post a Comment